Fenomena Cat Calling

Fenomena Cat Calling

Kali ini gue bakal bahas fenomena Cat Calling, sebagian orang mungkin udah engga asing sama istilah ini, tapi beberapa lain masih kaya tabu gitu, apasih Cat Calling padahal di Indonesia sendiri sering banget terjadi Cat Calling ini. Nah catcalling itu seperti bahasanya, memanggil kucing, emang mirip sih kaya gitu tapi bukan kucing yang dipanggil. Tapi orang. Simple nya gini, saat elu lagi jalan di jalan raya terus tiba-tiba ada gerombolan cowok yang ngegodain elu kaya “hai cewek boleh kenalan engga ?” atau “mba-mba ! temen saya suka nih”, atau “mba cantik, mau kemana ?” atau simplenya mereka bersiul saat lu jalan lewatin mereka itu namanya Cat Calling.

Setau gue Cat calling ini termasuk kedalam pelecehan seksual, tapi mirisnya di negara kita banyak banget terjadi fenomena Cat Calling ini, ada beberapa yang jadi korban malah berasa bangga, karena menganggap itu pujian, dan ada perasaan “Oh gue cantik nih”, tapi ada juga yang ngerasa risih karena nganggap diri mereka engga pantes diperlakuin kaya kucing yang lagi dipanggil majikannya. Gue setuju, dan mungkin ini alasan kenapa cowok-cowok engga baik diluar sana makin berani sama cewek, karena dari hal simple kaya cat calling aja masih banyak cewek yang engga ngehargain diri mereka sendiri dan malah senang diperlakukan seperti itu.

Tapi ada juga cewek yang udah risih tapi tetep diem, termasuk gue. Gue paham alasannya karena mungkin gue pribadi bingung gitu harus lapor kesiapa, toh buat sebagian orang itu masalah sepele, tapi menurut gue itu bener-bener ganggu kenyamanan bangetlah. Apa harus lapor kepolisi ? gue belum pernah coba sih, tapi menurut artikel yang gue baca rata-rata polisi malah ketawa dan malah bilang “mungkin mbanya cantik” atau “makannya mba pake baju jangan yang mengundang jadi diganggu”. Lah gue pake baju tertutup, engga makeup tebel masih aja digituin pak ! ampun deh.
Dan menurut gue si cat Caller ini, entah itu cewek atau cowok harga dirinya kayanya dibawah rata-rata deh, dan kayanya anak so gaul masa kini yang berasa doi ganteng, atau keren mungkin ? tapi menurut gue sih ya mana ada cowok keren yang nyiulin atau goda cewek gak dikenal dipinggir jalan raya, coba Tanya Hamish daud atau Billy Davidson, atau Almarhum Chester vokalis linkin park, apa mereka pernah nyiulin atau goda cewek pinggir jalan ? kayanya engga .

Terus juga buat cewek yang masih aja merasa bangga setelah doi ngalamin pelecehan kek gini, ya sadar mba. Itu bukan karena kamu cantik , atau menarik. Tapi karena mereka lagi ngerendahin kamu. Mau sampai kapan kamu rela digodain sama cowok cowok kelas teri pinggir jalan itu ? ya rada mahal dikit lah, engga usah senyum atau malah nyaut. Emang enak ya kenalan dipinggir jalan setelah digodain ? itu malah bikin orang nilai diri kamu murah. Mau bilang “Gue hidup engga dari duit orang lain” ? atau mau bilang “gue hidup karena diri sendiri bukan karena penilaian orang lain”. Lah ya kalo sayang diri sendiri belajar ngehargain diri sendiri toh mba. Tunjukin kemereka kalo lu tuh bukan kucing atau anjing yang dipanggil sama siapapun nyaut mba. Sekali lagi mereka kaya gitu bukan karena menghargai mba tapi sedang merendahkan mba

0 comments:

Post a Comment