Kapan Nikah ?

Kapan Nikah ?
Setelah sekian lama so sibuk dengan kehidupan dunia nyata, kali ini gue bakal bahas momok menakutkan bagi semua pemuda dan pemudi berumur 20 tahun ke atas. Diawali dengan ceramah ustad Felix tentang "udah putusin aja" sampai emak-emak yang doyan banget jodohin anaknya ke anak temennya dimanapun mereka berada, pertanyaan yang lu bakal denger dimanapun lu berada, entah lu lagi makan, tidur, kerja ampe mandi kadang selalu denger kata ; Jadi, KAPAN  NIKAH ?

Pertanyaan ini emang engga akan habis dimakan masa, dari jaman kakek gue jomblo sampe gue yang jomblo masih aja ada pertanyaan macam gini, ada juga orang-orang yang cuma sekedar nanya tapi ada yang berniat ampe ngejodohin, dikira jaman Siti Nurbaya kali, gue salah satu korban yang cukup trauma sebenernya sama kata-kata ini.

Ya gimana engga lah wong tiap pulang kerja ibu gue selalu nanya "Jadi kak, kapan nikah? liat tuh temen kamu udah nikah, adikmu udah punya pacar lah kamu pacar aja engga punya", atau "Kak, tiap malem ibu berdoa, biar kamu cepet punya pasangan. yang baik soleh sayang sama keluarga. jadi kapan kamu nikah kak?"

Selain ibu gue, temen-temen guepun ngelakuin hal yang sama, kita bahkan engga pernah ketemu sejak 7 tahun yang lalu tapi dia mengawali pembicaraan dengan "kamu kapan nikah? sendiri mulu" ini bisa dibilang salahsatu godaan atau ujian berat yang pernah gue alami selama gue hidup 20 tahun.

Rasanya engga berhenti, mulai dari ditanya kapan nikah, sampai dijodoh-jodohin keorang yang gue engga kenal, gue sendiri bukan tipe jomblo yang meraung-raung kesepian disosial media kok, jadi ya santai ajalah. Gue cuma heran sama orang yang terlalu sibuk ngurusin hidup orang yang masih milih buat sendiri.

Gini deh, saat usia kita semakin dewasa hidup engga melulu harus punya pasangan, kita engga akan milih pasangan cuma keren atau gantengnya, tapi lebih ke kepribadian, cara fikir, dan sikap kaya perbedaan pendapat, emosi yang berbeda, sampe selera makan bubur diaduk atau engga. Akan banyak pertanyaan dan pertimbangan yang bakal kita tanyakan pada diri sendiri tentang diri kita dan diri dia, mungkin itu sebabnya juga orang disekitar kita memilih sendiri, dan engga dulu nikah.

Gue, engga lagi membicarakan orang yang nanya KAPAN NIKAH doang kok, kalo ditanya gitu doang sih gue masih santai, disini tulisan gue bener-bener fokus sama orang yang nanya kapan nikah, ditambah tanpa izin jodoh-jodohin orang.

Saat lu siap nikah dan engga ada pasangan, mungkin lu bakal siap sedia atau secara suka rela dijodohin dengan siapapun, tapi kawan, beberapa orang engga sama. seperti yang gue bilang, beberapa diantara kita belum nikah, karena emang belum mau dan belum siap. Coba kalo lu diposisi mereka terus dijodoh-jodohin, apa yang lu rasain ? pasti risih kan, gue fikir mending kalo risih. Kalo jadinya lu malah engga percaya diri karena merasa engga laku karena terus dijodohin macam mana ?

Gini ya mba/mas. Gue amat sangat percaya bahwa jodoh ditangan Tuhan. Gue bener-bener berpegang pada kata "kun fayakun" jika Tuhan katakan jadi, maka jadilah Ia. Itu salah satu alasan gue engga heboh soal jodoh, karena udah ada yang ngatur. kalo akhirnya gue nikah karena dijodohin pun , mungkin saat itu gue engga akan nolak dijodohin. Tapi kawan, jangan menjadi orang yang menyebalkan hanya karena melihat temanmu belum menikah, jangan jadi pengatur hidup seseorang dengan menjodohkan tanpa izin, karena sungguh itu akan banyak menyakiti kedua belah pihak.

Kawan, nikah engga melulu tentang soal apa yang dosa menjadi pahala, bukan tentang rasa enak yang digembor-gemborkan, menurutku nikah lebih luas, tentang ibadah, tanggung jawab, kerja sama satu Team, dan jalan mendekatkan diri pada Tuhan. Sekali kau menikah, maka kau tidak bisa bercerai karena rasa bosan atau tidak cocok. Intinya kawan, Terimakasih telah berbaik hati dengan kurang ajarnya menjodoh-jodohkan aku dengan yang lain tanpa seizinku, tapi maaf aku mohon sekali lagi jangan pernah menjadi menyebalkan.

0 comments:

Post a Comment