Ocehanmu membunuh

ocehanmu membunuh
Beberapa orang kadang punya mood yang buruk, pergantian mood yang emang engga bisa diprediksi. Menit ini bisa jadi seneng, menit berikutnya dia bisa jadi bad mood kaya orang baru nginjek kotoran sapi, termasuk gue. Gue tipe orang yang bener-bener moody-an, gak sabaran, dan negatif thinking. Jangan aneh kalo gue dipanggil si pemarah, egois atau si curigaan. Ya Karena mungkin itu emang gue. Beberapa orang pergi ninggalin gue saat tau gue kaya gini, beberapa lagi bertahan meskipun terkadang diantara mereka ada aja yang ngomongin gue di belakang, dan gue engga peduli. Gue fikir, mereka berhak nilai gue kaya gue nilai mereka.
Semakin gue tua semakin gue sadar kalo banyak hal yang sebagian orang anggap sepele, tapi  bagi yang lainnya hal besar. Contohnya adalah Depresi dan moody, banyak dari kita saat membaca kata “Depresi”  langsung terbayang sosok orang gila yang lagi ketawa-ketawa sendiri dipinggir jalan, dan banyak juga yang bertanya-tanya moody itu apa ? untuk moody silahkan liat penjelasan selengkapnya di mbah google.
Pernah engga sih lu liat temen lu baru putus terus engga mau makan,  ngurung diri dikamar atau hampir bunuh diri ? gue yakin kalo lu jawab iya, lu bakal berfikir kalo mereka lebay, atau mungkin ada yang berfikir wajar, yang lainnya pasti merasa kasihan. Tapi gimana kalo kenyataannya dia ngalamin depresi ? tapi engga ada satu orangpun yang sadar, termasuk dirinya sendiri. Yang dia tau dia engga bisa hidup, dan trauma. Dan yang orang tau dia gagal moveon .  kok gue kesannya kaya memperbesar masalah sepele ya? Ya karena kita yang terlalu menyepelekan orang lain, nilai hidup orang lain berdasarkan standar hidup kita, tanpa kita sadar kita selalu mandang cara nafas orang lain sama kaya nafas kita. Paham yang gue maksud ?

Baca Juga : Review Drama Korea Criminal Minds

Gini deh, simplenya : pernah engga sih lu ngomongin orang kaya ih kok doi umur udah 23 masih aja engga bisa dandan, liat deh pakaiannya ya ampun gak tau banget mana yang pantes dan engga, padahal udah kerja masa engga kebeli baju. Dan itu sering banget gue denger, dan beberapa ada yang ngomong gitu ke gue. Menurut gue, mereka terlalu menyamakan orang yang satu dan lainnya.pun gue, gue juga masih suka kaya gitu kok. Gue sadar, saat gue jadi si doi yang diomongin, gue suka pingin aja gitu bilang ke orang-orang itu kaya “ya ini hidup gue, duit gue, badan gue kenapa elu yang ngatur” tapi kayanya kasar aja ya bilang gitu haha. Gue sadar kita hidup dimana ngomentarin orang lebih seru dibanding ngomentarin diri sendiri, tapi gue juga sadar kalo setiap orang punya zona nyamannya sendiri, kaya gue yang dandan kalo gue mau, pake baju apapun yang gue mau. Dan menurut gue beli baju itu engga lebih penting dari beli makan. Sekali lagi ya, ini menurut gue.
Jujur, gue engga suka ada orang yang ngomel nyuruh gue dandan dan disaat gue dandan doi ngomentarin “ih serem matanya” why are you so rude girl ? lalu beberapa hari kemudian dia ikutan dandan kaya gue it’s like HEOL ~. Gue nemu kok orang kaya gini, gak jauh. Temen gue sendiri. Meskipun temen deket tapi gue rasa alangkah lebih baikknya doi ngomentarin gue dengan komentar yang membangun kaya “tumben dandan lucu ih, tapi matanya coba deh kurangin hiasin matanya biar lebih lucu”  itu lebih bikin gue percaya diri daripada komentar diatas yang malah bikin gue rendah diri. Menurut gue juga dandan itu hak ya bukan kewajiban, yang kewajiban itu ngerawat diri.
Nah komentar “ih serem matanya” buat sebagian orang mungkin biasa aja, malah kaya candaan, tapi buat sebagian lain itu bikin doi rendah diri dan engga mau lagi buat pake makeup siah, percaya sama gue. Cuma karena kata sesimpel itu orang bisa rendah diri ! Sorry, bukan gue engga bisa diajak becanda tapi menurut gue banyak kok hal lucu yang bisa dijadiin candaan daripada ngomen hal yang seharusnya diberi semangat untuk dibangun. Ini sama nih kaya orang yang nilai orang lebay gara-gara doi baru putus dan mau bunuh diri. Simplenya, gue sekarang tau kalo setiap orang teh punya kadar stressnya sendiri, punya masalalunya sendiri, Punya titik terberat dalam hidupnya sendiri. Mau sampai kapan kita bilang orang alay karena masalahnya tapi engga mau dibilang alay saat kita diposisi dia ? ketika temen lu ada yang lagi patah hati, atau dia marah marah engga jelas kenapa kita malah ngejudge dia pemarah tanpa mau diem disamping dia sebentar Cuma buat cari tau dia kenapa ? gue yakin engga Cuma gue kok yang ingin didengerin, semua orang ingin didengarkan. Dan itu ! itu alasan gue selalu coba jadi pendengar, meskipun gue Cuma ngerespon apa yang doi ceritain dan bukan ngasih saran karena gue tau setiap orang itu butuh pendengar bukan penasehat. Penasehat dibutuhkan saat dia sedang tenang, dan gue yakin setiap  orang bisa menasehati diri dia sendiri, yang semua orang butuhin itu orang yang bikin dia tenang. Jadi stoplah buat judge orang moody, pemarah, alay. Stop juga buat mengkritik hal dengan cara menghina kaya gitu karena gue yakin lu juga engga suka kok kalo dikritik kaya “duh baju lu norak”. Setiap orang punya daya tarik masing masing kok.

0 comments:

Post a Comment